Pages

Selasa, 22 Desember 2009

Rekap Cerita Kereta

Kamis, 26 November 2009

Ayeeeeeeeeeeee...udah hari Kamis nih...besok hari Jumat! (SO WHAT GITU KAAA?!!)

Well...well....welll....

Hari ini merupakan hari yang gw tunggu-tunggu minggu ini, kenapa cobaaaa????? Soalnya besok kan Idul Adha, jadi hari ini terakhir kuliah deh heehhehee..teruss si pacar hari ini berangkat dari Jogja naek kereta menuju Bogor asssiiiikkkkk... jadi gag sabar besok nih!

*Kembali ke topik kereta...

Kawan-kawan, dari kemaren Bogor diserang hujan terus. Pagi-pagi teh udah ujan, tapi ujan kecil tapi awet gitu. Gw yang biasa dianterin si ayah, jadi naek angkot. Nah pagi ini pun ujan lagi, mau gag mau dan emang harus mau gw naek angkot ke stasiun. Seperti biasa, gw dari rumah jam setengah enam naek angkot 10. Angkotnya lumayan nyebelin sih soalnya itu angkot nyari penumpang mulu! Pas udah agak penuhan baru deh dia jalan terus. Pas jam enam kurang sepuluh, angkot yang gw naekin udah nyampe BTM (Bogor Trade Mall), you know lah...tiap pagi di depan BTM tuh selalu ada pasar tumpah gitu.
Entah kenapa, pas mau lewat BTM, sepanjang jalan menuju tempat itu tuh MACET! Yap, MACET TOTAL!
Pias (pucat) dong gw...udah jam enam kurang gitu tapi gw masih ada di BTM sedangkan kereta gw berangkat jam enam lewat empat belas menit. T.T

Mending yah macetnya tuh gerak, lah ini bener-bener diem ampe lima menit gitu. Gw mikir, apa gw turun aja yah terus gw lari-lari ditengah hujan gitu ampe BTM terus naek angkot lagi. Tapi malu juga sih lari-lari kayak orang kesetanan di tengah ujan gitu...terus gimana dong..masa gw kudu naek Kereta Ekonomi....huaaaaaaaa...... udah aja itu gw ngeliatin jam mulu dengan tampang gelisah. Kayaknya penumpang laen di angkot ini tau banget deh gw takut ketinggalan sesuatu. Ternyata, di samping dan depan gw ada seorang cewek sama seorang bapak, mereka mau naek kereta juga. Tapi mereka mah naek Pakuan. Wuiiihhhhhhhhhhhhh ada temen nih gw heheee...

Sebelum gw beneran nekat mau turun angkot dan menjalankan rencana lari-lari, kemacetan itu pun sedikit mereda. Angkot mulai jalan. Gw membatin, awas aja kalo sampe ini angkot ngetem, bakal gw sorakin dah! Alhamdulillah, si abang angkot pengertian sekali loh....dia kaga ngetem....mungkin karena udah keburu gendek juga kale yah kejebak macet dadakan gitu! Biasanya jam enam gitu di daerah BTM lancar.

Gw turun angkot di depan PLN sekitar jam enam lewat sepuluh! Bayangkan gimana paniknya gw jam segitu gw belum ada di stasiun! Tanpa basa-basi gw langsung lari menuju stasiun. Sebodo dengan becek di celana gw yang penting judulnya gw dapet kereta! Sepanjang gw lari, gw keingetan kalo gw belum sarapan...pantes gw lemes-lemes gimana gitu yah..nyesel juga kenapa gag sarapan setidaknya kan gw bertenaga menghadapi kerasnya manusia di kereta, misal gw naek Kereta Ekonomi. T.T

Alhasil, gw ngos-ngosan pas nyampe loket karcis. Aduhhhh..mana sekarang tiap abis beli karcis ketemu pemeriksa karcis, ngecekrek karcis yang udah kita beli, jadinya gag bisa langsung ngibrit. Pas gw menghampiri dia, si pemeriksa karcis ngomong gini,
Si pemeriksa karcis : “Tenang aja, Mbak. Keretanya masih lama kok berangkatnya hehehee..”
Gw : “Oh iya. Mas.” (sambil ngos-ngosan dan senyum kecil)

Then....gw langsung lari ke jalur tujuh. Kereta udah padet, jelaslah udah mepet gitu. Gw gag berusaha nyari tempat kosong, mustahil dapet hahaahaa. Gw akhirnya bareng si Heven berdiri di depan pintu, di gerbong empat. Kereta hari ini bisa dibilang lumayan beradab. Karena hujan jadi lumayan gag padet kale yah. Di Citayem aja, manusia yang naek kereta kaga segila biasanya. Sepertinya hanya hujan yang bisa menghentikan kegilaan manusia yang pada naek kereta. Kan biasanya barbar gitu hahaha... gw pun bisa turun di Stasiun UI tanpa insiden apa-apa.
..........................................................................................................................................................


(kereta hari ini becek tapi gag begitu sih hehee...)


Hari ini gw kuliah sampai jam 12 dong hahahaa senangnya. Walopun udah siang, tapi tetep aja ujan. Niatnya kalo masih ujan, gw mau naek Kereta AC-Ekonomi aja. Niatnya loh yah...ehhhh berhubung gw pagi gag sarapan terus di kampus dinginnya minta ampun, akhirnya gw malah makan mulu. Abis deh duit gw buat makan. Sisa buat ongkos hihihi.. mau naek Pakuan aja kaga bisa. Yah naek Ekonomi deh...bareng si Hani sih. Pas beli karcis kan gw nanya ke si penjaga loket, katanya Ekonomi ke Bogor tuh lima belas menit lagi. Udah jam dua belas sekarang. Gw sama Hani duduk di peron, udah jam dua belas lewat lima belas tapi belum dateng juga. Oke, ngaret! Dari tadi yang lewat Pakuan mulu, ada Pakuan yang berhenti di UI juga. Pengen naek..tapi gag mungkin lah...mau ngesot apa gw entar. Ditunggu-tunggu, itu si Kereta Ekonomi kaga dateng-dateng coba.

Dan ternyata dia datang pas banget jam satu siang!
GOSHHH..............GW NUNGGU SATU JAM! BUKAN LIMA BELAS MENIT SEPERTI YANG DIJANJIKAN SI PETUGAS KARCIS!
Heeeeeeeuuuuuu untung aja gag lagi buru-buru pulang.


Pelajaran naek kereta: ucapan petugas karcis diragukan keakuratannya!

Yeah, kalo lo nanya jam datengnya kereta sama petugas karcis mendingan tanggapi dengan senyum kecut deh. Soalnya dari pada lo udah seneng-seneng dibesarkan hati lo oleh jawaban petugas karcis mendingan lo anggep aja ucapan angin lalu.
Sering banget tuh jawabnya apa kenyataannya apa hahahaa...
Gondok sih emang nunggu sejam gitu lagak keledai cangak hahaha. Apa boleh buat, jadi penghuni kereta punya dua opsi yaitu nunggu kereta ampe lo tepos duduk di peron stasiun atau lari ngos-ngosan eh gag taunya kereta yang mau lu naekin baru aja lewat aka verpassen (ketinggalan kereta).

Berbicara mengenai ketinggalan kereta, sering gw alami pas mau pulang dari stasiun UI ke Bogor. Apes banget deh itu rasanya. Pernah ketika gw mau nyebrang ke stasiun eh dengan indahnya Kereta AC Ekonomi tujuan Bogor baru aja jalan di depan mata gw. Kalo ketinggalannya masih siang-siang di bawah jam tiga siang sih gak apa-apa, masih ada alternatif naek yang jam tiga kurang sepuluh atau jam empat kurang sepuluh.
Nah tapi kalo ketinggalan yang jam empat kurang sepuluh? Hmmmmm....opsi lu hanya dua (lagi-lagi dua), antara lain:
1. Nekat naek Kereta Ekonomi yang pastinya udah sesak (banyak-banyak zikir aja deh)
2. Nunggu Kereta Pakuan yang jam enam sore


Let’s talk about number one, pilihan yang dilematis. Di satu sisi pengen cepet pulang, di lain sisi kudu siap dengan skenario terburuk (terjepit di antara dua ketiak orang dewasa yang ‘harum’ dan terjebak di depan pintu kereta gag bisa masuk lantaran kereta bener-bener penuh).

Oke, gw pernah ngalamin peristiwa nomer satu.
Jadi gini...waktu itu hari Selasa, gw ada urusan di kampus selepas jam tiga sore. Tadinya gag mau ikut tapi karena temen-temen gw pada ikut, yaudah lah gw ngikut. Dengan catatan, gw mau naek kereta yang jam empat kurang sepuluh dan artinya gw harus udah cabut dari FIB jam setengah empat.
Nah pas gw mau cabut, situasinya susah gitu. Akhirnya gw molor baru cabut jam setengah empat lewat sepuluh. Perasaan gw udah gag enak tuh. Romannya gw bakal ketinggalan kereta. Gw udah grasak-grusuk aja sambil lari-lari dari FIB motong jalan lewat FISIP terus ke stasiun.

Akhirnya sampailah gw di loket karcis. Terus....
Gw : “Mas, AC-Ekonomi Bogor masih ada?”
Petugas karcis : “Ekonomi adanya. AC udah lewat.”
Gw : (Jlebb...berasa ada jangkar yang mendarat di jantung gw) “Yaudah deh Ekonomi.”

Haaaaaa....rasanyaa....pengen nangis banget....

Jam empatan gitu, kereta udah penuh. Dan gw take a risk dengan naek Kereta Ekonomi. Sempet mikir mau naek Pakuan aja yang jam enam sore, tapi masalahnya besok gw ada Kuis Sprache, gw mesti belajar malemnya, kalo gw naek Pakuan yang ada nyampe rumah udah jam tujuh dan bisa dipastikan gw langsung molor. Mau gag mau gw naek Ekonomi deh. Penuh....jabanin aja ka!
Sekitar jam setengah lima sore, kereta penyelamat itu datang. (baca: Kereta Ekonomi bukan Kereta Pakuan).

Bisa ditebak?
Yap, tepat sekali! Kereta benar-benar penuh!
Biasanya kereta keliatan penuh karena banyak orang di depan pintu yang bergerobol padahal dalem gerbongnya lengang. Tapi kali ini, mau yang di depan pintu ataupun yang di dalem gerbong kek sama aja penuhnya! Mantep! TOLL!!!!

Naek gag yah? Naek gag yah?
Hajar ka...naek aja ka daripada kaga balik lu!

So, gw nekat naek!

Gw tau persis kalo naek bakal perjuangan banget. Mikirnya sih kalo gw naek, bisa lah gw masuk nyempil-nyempil di masuk ke dalem. Nyatanya? TIDAK!
Biar gw deskripsiin keadaan gw....

Gw masuk dengan susah payah dan hanya bisa dapet tempat persis di depan pintu. Tolong dibayangkan, di depan pintu banget! Belum lagi, gw terjebak di antara dua ketiak orang dewasa yang berkeringat dan ‘harum’........Tuhan....mengapa cobaaan pulang untuk saya begitu banyak. Sumpah yah, pertama kalinya gw naek kereta dalam keadaan penuh sesak dan gw hanya mampu masuk sampai depan pintu. Persis depan pintu. Sepanjang kereta itu jalan dari Stasiun UI menuju Stasiun Pondok Cina, gw berdoa semoga kereta gag miring ke kanan. Kalo ampe oleng atau miring ke kanan, yakin deh gw pasti jatoh!
Untunglah jarak kedua stasiun itu dekat. Pas nyampe Stasiun Pondok Cina, gw terbawa arus keluar dari orang-orang yang mau turun. Finally gw kebawa turun dan setelah para penghuni keluar, gw pun masuk lagi ke dalam kereta. Kali ini gw berhasil masuk beberapa inci ke dalem, setidaknya gag seekstrim posisi gw yang pertama hahhaa.

Next what? Keadaan di dalam kereta gag jauh lebih baik. Pengap, tentu saja! Alhasil gw megap-megap nyari udara saking pengapnya. Aromanya bener-bener bercampur antara udara yang sedikit dan aroma keringat tubuh manusia. Gw juga udah keringetan, keringet bercucuran dari samping muka gw. Lagi-lagi gw kayak orang nangis hahaa. Keringet gw bercucur bagaikan air mata. Nah loh!
Saking panasnya, keringet gw gag lagi dari samping muka melainkan turun melewati kedua mata gw layaknya air mata. Gila banget emang! Kaki gw berasa mati rasa juga karena menahan berat tubuh gw. Hiks...hiks...cepatlah sampai Bogor biar gw cepet turun juga.
Biasanya kereta udah cukup lengang jika udah melewati Citayam dan Bojong Gede. Kali ini tidak. Bahkan sampai Bogor pun kereta masih rame. Gw aja dapet duduk pas mau nyampe Cilebut hhahaha. Bapak-bapak di depan gw ngoceh mulu ke gw, sepertinya dia tahu betapa sengsaranya gw sepanjang perjalanan. Keadaan bapak tersebut tidak jauh berbeda dengan gw, bajunya basah oleh keringat.

Sesampainya di Bogor, kaki gw lemes banget. Gw jalan dari stasiun nyari angkot dengan langkah gontai. Cape banget. Setengah jam di kereta tadi bener-bener perjuangan hidup. Seriously!
Gw pikir, cobaan gw udah kelas. Ternyata belum. Gw nyetop angkot, baru aja naek dengan posisi setengah duduk eh...itu angkot ngerem mendadak dong! Gw langsung jatuh tersungkur di dalem angkot! VERY NICEEEEE...... seolah tak cukup dengan perjuangan di kereta, mesti dapet lagi ujian di angkot. Mana lagi becek gitu, celana jeans gw pun kotor. Sebodo lah dengan celana kotor ataupun rasa malu yang didapat pas jatuh. Gw bener-bener mati rasa kala itu!
Nyampe rumah udah bete kuadrat. Sensiiiiiiiiiiiiiii....ajaaaa......bawaannya. Pengen marah sama siapa aja. Errrrggggggghhhhh...tau gitu tadi gw langsung pulang biar gag ketinggalan kereta.
................................................................................................................................................................
So, ketinggalan kereta emang pahit, asem, sial. Hahaha

At least you have to made a decision like I did.
Kalo gag mepet-mepet banget mendingan naek yang aman deh, nunggu Pakuan gitu haha.



P.S. postingan ini udah gw tulis dari lama tapi belum beres, jadi baru gw beresin sekarang deh.

Udah malem.
12.00 AM, 22 Desember 2009.

Selamat malam....


Have a nice Tuesday...


Cupcupcupcup....smooooccchhhh*

0 komentar: