Pages

Sabtu, 22 Mei 2010

Mau Untung Malah Buntung

Rabu, 12 Mei 2010

Rabuuuuuuu.....adalah hari dimana pertama kali gw ke kampus pake dress. Yap, gw pake dress batik plus flat shoes hehehe.

Pas berangkat, sesuatu terjadi. Ayah nelpon ngasih tau supaya gw gag lewat Bondongan karena macet total. Gw putar arah lewat Terminal Baranangsiang. Pas lagi jalan, kaki gw lecet. Serius lecet karena gw pake flat shoes. Walopun hanya kecil lecetnya tapi tetep aja nyeri. Nyampe di depan Taman Topi, gw langsung nyari yang jual Hansaplast buat ngebalut lecet gw. Dapet plester, gw ke berjalan pelan-pelan ke stasiun. Pasrah aja deh pasti kereta yang jam 8.15 udah jalan.

Eh pas nyampe stasiun, taunya kereta jam 8.15 baru mau dateng hahahahaha. Hoki abis! Segera saya menuju barisan depan untuk mendapatkan tempat duduk!

GOTCHA! Gw dapet duduk yipiiii...setidaknya ngurangin rasa sakit lecet gw heheehhe.

Mau tidur tapi setengah tidur gitu kan gw di kereta. Eh, di Bojong ada ibu-ibu bawa anak tapi gag ada yang ngasih duduk. Gw kasih aja dia duduk, gag tega gw liatnya.

Seterusnya ampe UI gw berdiri hehehe. Teruuuus.....beli Hansaplast lagi!

..............................................................................................................................................................

Sepanjang gw di kampus orang-orang pada mempertanyakan ada apa dengan gw hari ini. Sepertinya heboh bener deh gw pake dress aja hahahaa dasar! Yasudah lah....biarkan pada kaget aja!


Jam pertama sama Frau Rita, ternyata latihan Konversation buat UAS minggu depan. Disuruh bikin dialog terus ngomong di depan Frau Rita sambil dibenerin salahnya dimana. Abis itu...istirahat. nah beres istirahat, banyak yang bilang udah gag ada kelas lagi. Harusnya gw sama Frau Avi, tapi karena tadi udah dapet latihan Konversation sama Frau Rita jadinya gw gag ada kelas lagi. Menyampah deh gw.

Mau balik duluan, males sendiri. Si Heven belum balik. Gw gag jadi balik tuh dan nunggu Heven pulang jam setengah tiga. Bener aja, jam setengah tiga dia beres Cina Dasar terus segera meluncur ke Stasiun UI. Hmmmm...mau naek kereta yang jam 3, tapi males lari-lari ke stasiunnya. Mana gw lagi pake dress plus kaki lecet, nein Danke deh hahahaha!

Gw sama Heven akhirnya makan bakso di Stasiun UI. Gag heran karena udah lama banget gw sama dia ngerencanain pengen makan bakso stasiun tapi belum kesampean. Nah, sekarang kesampean nih hehehe. Beres makan bakso tuh udah jam tiga lewat 20 menit, terus ke peron Bogor. Baru aja nyampe...tiba-tiba diumumin kalo Kereta AC Ekonomi Bogor dan Ekonomi Bogor masih tertahan di Manggarai lantaran gangguan teknis. D A M N !

Next....gw SMS Ibu nanyain kereta kenapa. Ibu akhirnya nelpon gw dan dia bilang kalo Kereta AC Ekonomi itu masih ketahan di Cikini soalnya Ekonomi Bogor mogok di Manggarai. Plok..plok...plok...baguuuuus banget! Ibu ternyata pas nelpon lagi di Kereta AC Ekonomi Depok-Manggarai. Jadi, Ibu naek kereta AC Manggarai terus balik lagi naek kereta yang sama ampe Depok, nah dari Depok nyambung naek Ekonomi Bogor.

Gw bingung. Mau ngikutin si Ibu apa nekat naek AC Ekonomi Bogor. Ibu udah ngasih tau kalo Kereta AC Ekonomi Bogor tuh penuh banget, dua tingkat, dan pintunya terbuka semua.

Ya....gw sama Heven bingung. Setelah mempertimbangkan masak-masak, gw sama Heven naek Kereta Ekonomi ke Stasiun Kota terus dari Kota naek Pakuan ke Bogor. Ide yang cemerlang bukan?

So...gw sama Heven naek Kereta Ekonomi ke Jakarta yang kosong. Sumpah kosong dan bisa ngadem, dapet duduk pula. Nyampe di Kota jam 5 kurang 10 menit, langsung ke loket beli tiket Pakuan Bogor.

(nih tiketnya.....)

Yang ada di bayangan gw sama Heven adalah naek Pakuan dari Kota, duduk manis, tidur sepanjang perjalanan. Di jadwalnya, Pakuan Bogor tuh jam 17.21 tapi ampe jam segitu belum dateng juga. Yang dateng malah Kereta AC Ekonomi AC Bogor dan udah penuh banget yang nungguin. Fyi, JALITA loh hahahaha tadinya gw tergoda buat naek JALITA aja eh tapi gag jadi ding keburu ciut gw ngeliat yang mau naek udah banyak banget! Hiks...bye bye JALITA....

Teruuuuus..,.di jalur 11 masuk kereta lagi, siap-siap gw berdiri mau masuk sama Heven. Eh pas udah di dalem kereta, gw nanya ama orang ini kereta apa. Dia bilang ini Kereta AC Ekonomi! Aduuuuh apa-apaan sih ini...Pakuan mana? Kok gag dateng-dateng. Mulai emosi nih gw grrrrrrrwwwwwrrrr!

Di jalur 12 yang merupakan jalur terakhir, banyak orang yang udah pada ngumpul. Ternyata Pakuan masuk di jalur 12. Udah tuh yah...gw sama Heven bersiap berjuang dapetin duduk. Rugi dong udah bayar 11 ribu, dari Kota ampe Bogor pula! Dan gag lama kereta yang dimaksud segera masuk. Pas kereta itu lagi pelan mau berhenti, gw heran dengan pemandangan di dalam kereta. ‘Kok orang-orang pada duduk? Gag ada yang bersiap turun ya? Kok aneh sih?’

Tadaaaaaaaaaaaaaaaaaa.......! pintu dibuka, orang-orang dari luar berhamburan masuk ke dalam sementara orang-orang yang di dalam masih duduk manis, bergeming! INI KENAPA SIH?????!!!! KENAPA GAG ADA YANG TURUN?! DAN GAG ADA KURSI KOSONG?!

Pasrah. Gw sama Heven akhirnya nyadar kalo mereka yang duduk itu adalah para penumpang yang mau ke Bogor juga tapi mereka naek Pakuan yang akan ke Bogor duluan pas Pakuan itu mau ke Kota. Ya, mereka naek Pakuan Bogor dari Stasiun Gambir, Gondangdia, Juanda ke Kota dulu. Jadinya mereka dapet duduk tuh yah! LICIK! LICIK!

Lo mau tau gimana perasaan gw? Gw pengen banget memaki orang-orang licik yang merasa tak berdosa itu!

Sumpah deh gw sama Heven udah gondok banget pas tau kenyataan itu. Dari gerbong paling belakang kita berdua jalan ampe gerbong tengah, hasilnya nihil. Semua kursi udah penuh ditambah lagi ulah para pembawa-kursi-lipet-kecil yang menyumbat perbatasan gerbong dan di depan pintu. Ini baru Stasiun pertama loh, belum masuk ke stasiun-stasiun berikutnya. Udah penuh itu kereta padahal Kereta Expres.

Nyerah deh mau jalan ampe gerbong depan juga udah penuh semua. Gw sama Heven berdiri di depan kursi panjang. Ada pemandangan menggelitik. Kursi panjang ini untuk 7 orang, dari kapasitas yang ada, hanya ada 3 orang cewek yang duduk, sisanya laki-laki. Miris gag sih lo? Di depan para lelaki yang duduk itu banyak cewek (termasuk gw sama Heven) yang berdiri di depan mereka.

Semua lelaki yang duduk benar-benar menutup mata dan hatinya. Bahkan malah asyik tertidur pulas.

(lihat deh potret moral bangsa ini)

Dimana sikap gentlemannya? Saya rasa sudah terkikis sampai titik nol.
Kita hidup di budaya Timur dimana rasa toleransinya itu tinggi. Untuk ukuran bangsa Indonesia yang dinilai sangat toleran dan kekeluargaan, nyatanya saat ini hanya omong belaka.

Miris deh. Yang naek Pakuan itu sebagian besar orang berada, intelek, dan memiliki jabatan. Tapi untuk urusan moral dan tenggangrasa, NOL BESAR!

Saking individualisnya dan berdasarkan asas udah-bayar-mahal-tiket-Expres, mereka mengesampingkan rasa kemanusiaan yang ada. Gini deh, andaikan lo seorang cowok yang lagi duduk dan di depan lo itu ada seorang cewek berdiri dengan keadaan kaki luka berdarah karena lecet dan sangat kesakitan, apakah lo bakal tetep duduk seolah-olah gag ada apa-apa?

Keadaan gw saat naek Pakuan yang naas ini, bener-bener sakit. Kedua kaki gw lecet di bagian tumit dan kelingking, sakit banget. Sepanjang jalan gw nahan sakit. Gw berulang kali bilang sama Heven, “Ven...kaki gw sakit banget....”.

Jujur yah, gw kecewa sama oknum-oknum laki-laki yang pada duduk itu. Oke, mereka emang udah bayar mahal buat kereta itu, tapi bukan berarti gag ada perasaan kasihan buat orang lain bukan? Bersikap egois itu wajar, itu adalah sifat alami manusia. Yang gw sayangkan di sini, rasa egois mereka itu tidak memiliki pengecualian.

Gw sadar....ternyata keegoisan manusia di kereta Pakuan itu benar-benar terlihat jelas. Tidak ada toleransi. Karena semua berprinsip berdasarkan uang yang telah mereka bayar untuk naek kereta MAHAL ini.

Oiya satu hal lagi....para-pemilik-kursi-lipat juga keterlaluan. Mereka duduk di perbatasan gerbong dan depan pintu, bikin kereta sesak banget karena banyak juga penumpang yang naik. Mereka duduk dengan amat tenang tanpa rasa bersalah loh! HEBAT!

(sibuk dengan gadget mahalnya dan tidak peduli dengan akibat dari kelakuannya)

Kasihan yang pada berdiri. Kegencet. Gag bisa gerak.

Fyi, kerumunan yang pada duduk di perbatasan gerbong itu adalah orang-orang Bojong. Tidak heranlah kalau begitu.

Mau tau? Gw dapet duduk dari Cilebut ampe Stasiun Bogor saja. Dari Kota ampe Bojong Gede, gw berdiri dengan kondisi kaki lecet berdarah. Kalau diitung-itung, gw berdiri sebanyak 23 stasiun dari Kota ke Bojong, kira-kira 1 jam setengah!

Pas nyampe Bogor, gw sama Heven turun belakangan. Gag mau nyia-nyian gag ngerasain duduk naek Pakuan 11 ribu.



Kereta. Dimana seluruh borok manusia terlihat dengan amat jelas.


Cheers*

0 komentar: