Pages

Kamis, 27 Mei 2010

Berpacu dengan Kereta

Rabu, 26 Mei 2010

Biasanya kalian familiar dengan kata “Berpacu dengan waktu”, nah kalo bagi kejadian gw hari ini adalah “Berpacu dengan kereta” hahahaha.

Hari ini gw ke kantor Ibu sama Dwi. Tapi gw berangkat siang, naek kereta jam setengah sepuluh berdua Dwi aja. Kalo Ibu udah nyampe kantor dari pagi. Hmm...perjalanan berangkat ke Kalibata dengan kereta tidak ada masalah, semua aman terkendali. Ya iyalaaah...naek kereta jam setengah 10 mah sepi gag kayak kereta pagi.

...............................................................................................................................................

Ibu bilang kalo, nanti pulang jam tiga, naek kereta jam setengah 4 dari Kalibata. Ditunggu-tunggu ampe jam tiga kurang, si Ibu masih berkutat dengan kerjaannya di depan komputer. Gw tanya mau balik kapan, eh Ibu jawab kalo baliknya gag jadi naek kereta jam setengah 4. Nah looooh...jangan bilang mau ngajakin naek Ekonomi?!

Selanjutnya...Ibu ngasih pilihan, mau naek Kereta AC Ekonomi cuma ampe Depok Lama terus nyambung naek Ekonomi ke Bogor, naek mobil jemputan kantor ampe Depok terus naek Ekonomi dari Depok Lama atau naek mobil jemputan ampe Bojong terus nyambung naek Ekspres/Ekonomi. Gw pilih opsi ketiga! Tapiiiiiiiiiiiiiiiiiii...si Dwi kaga mau! Dia milih naek jemputan ampe Depok terus naek Ekonomi. Yasudahlah akhirnya opsi pilihan si Dwi yang kita lakukan.

Gag lama, jemputan ke Depok dateng. Gw sama Dwi duduk di samping supir hahaha paling depan gitu loh. Pas ampe Lenteng Agung, kan deketan sama rel kereta tuh, kebetulan ada kereta yang lewat ke arah Bogor.

(kereta Bumi Geulis tujuan Sukabumi)

Yap, itu kereta tujuan Sukabumi. Keretanya juga bukan kereta listrik melainkan kereta diesel loh hahahaha.

Sepanjang jalan Bus yang gw tumpangi, barengan jalannya sama kereta itu. Sebelah-sebelahan malah ahhahaaha. Tak lama, gw udah masuk ke Depok lewatin Kober. Duuuh jadi kangen kampus hehehe. Teruuuus...gw turun dari jemputan itu di lampu merah, nyambung lagi naek angkot ke Stasiun Depok Lama. Norak gitu deh gw...secara baru pertama kali ke Stasiun Depok Lama. Mana kudu jalan dulu dari pas turun angkot ke dalemnya hahaha.

Sesampainya di stasiun, diumumin kalo Ekonomi Bogor udah nyampe Stasiun Universitas Pancasila, di belakangnya ada Ekonomi juga udah nyampe Stasiun Lenteng Agung. Menurut pengalaman, kalo keretanya berurutan kayak gitu biasanya kereta yang di belakangnya tuh agak sepi dibandingkan kereta di depannya yang penuh banget.

Pas gw liat jam....wow jam 5 sore! Apakah artinya? Itu artinya Ekonomi ke Bogor berada pada puncak kepadatannya hahahaha serem deh gw mikirinnya. Tapi apa boleh buat...mau naek apa lagi coba. Ditunggu-tunggu...itu kereta ke Bogor belum dateng juga. Mana udah mulai ujan di Stasiun Depok Lama. Makin paniklah gw liat awan yang mulai menghitam sepenuhnya beserta petir menggelegar. Horoooooooooooooor....

Teroret- roreeeeettttttttttttttt.....kereta Ekonomi ke Bogor yang pertama dateng, masuk di jalur tiga. Keretanya delapan gerbong, tapi.....dua tingkat dan penuh bangeeet! Ciutlah nyali gw mau naik. Gw bilang ke Ibu, naek kereta yang kedua aja biasanya agak lowong. Berhubung ujan deres banget, para penumpang di tempat VIP alias di atap kereta hehehe, mereka pada turun. Takut kesetrum kalee yah hahahaha

Dan kereta kedua hanya selang lima menit pun datang. Masuk di jalur empat. Gw udah seneng aja tuh mau naek kereta kedua, ternyata pas gw liat dengan jelas dan sadar, itu kereta sama penuhnya sama kereta pertama dan lebih parahnya itu kereta kedua hanya EMPAT GERBONG! Gila banget ini PT KAI gag kira-kira yah...udah mah jam segitu gag ada Kereta AC Ekonomi ke Bogor..yang ada Kereta Ekonomi sama Ekspres....terus Ekonominya parah banget penuhnya, hanya empat gerbong.

Sedih banget nasib gw. Gw sama Ibu jadi bingung mau naek yang mana. Di tengah-tengah kebingungan mau naek kereta yang mana, tiba-tiba diumumin kalo Ekonomi di jalur tiga yang 8 gerbong itu.....MOGOK!

Langsung deeh...penumpang Ekonomi jalur tiga pada migrasi ke Ekonomi jalur empat. Sumpah yah..keadaan di peron tuh hiruk pikuk sama kehebohan orang-orang yang pada pindah. Bingung kan gw mau naek kereta yang mana? Yang cuma 4 gerbong tapi penuhnya amit-amit atau naek kereta 8 gerbong yang mogok dan penuh juga?

Akhirnya Ibu maksa naek kereta yang 8 gerbong yang dibilang mogok itu, sementara Ekonomi 4 gerbong udah jalan. Situasi gw saat itu bener-bener tidak pasti dan memojokkan. Haddduuuu...nekat deh gw naek Ekonomi mogok yang penuhnya amit-amit.

Ibu maksa naek Ekonomi yang mogok lantaran pengalaman, kereta dibilang mogok padahal entar jalan lagi. Dari pada nunggu ampe sore keretanya makin parah mendingan nekat naek yang ini. Pengap banget keadaan kereta Ekonomi. Bau keringat manusia, bau basah baju manusia karena kehujanan semua menjadi satu. Gw sampai menghirup udara dari atap kereta karena cowok di depan gw tuh bau keringetnya memabukkan hahahaha.

Benar saja...setelah menunggu 10-15 menit, kereta yang dibilang mogok itu JALAN! Gw gag tau motif PT KAI melakukan hal seperti ini, entah mau ngerjain penumpang yang naek atau memaksa secara tidak langsung supaya penumpang naek kereta lain yang lebih mahal. Helllooooooooo...kalo jam segitu ada Ekspres ke Bogor yang berhenti di Stasiun Depok Lama sih, gw rela deh bayar mahal! Lah ini...adanya Ekonomi...Ekspres kaga ada yang berhenti! Suwe banget emang yah.

Sepanjang kereta jalan, gw megap-megap nyari udara. Pengap. Bau. Pegel. Semua jadi satu. Kaki gw sakit nahan tubuh gw supaya tetap tegak. Ibu sama Dwi juga mengalami hal sama. Sediiih yah manusia diperlakukan seperti itu.

Mirisnya, gw gag pernah naek Ekonomi jam 5 sore ke Bogor yang mana puncaknya penuh. Terakhir kali gw naek Ekonomi ke Bogor dengan insiden penuhnya amit-amit tuh udah lama waktu gw semester 1 dan bukan jam 5 sore. Sejak kejadian itulah gw gag pernah naek Ekonomi sore ke Bogor. Kalo ketinggalan Kereta AC Ekonomi jam setengah 4, gw lebih milih nunggu kayak orang dongo di Stasiun UI ampe Ekspres Bogor dateng deh.

Singkat kata, jam setengah 6 lewat 15 nyampe di Stasiun Bogor. Masih aja ujan dan kereta yang barusan gw naekin masuk di jalur enam. Agak jauh untuk mencapai pintu keluar. Akhirnya motong jalan deh lewatin Ekspres di jalur 3. Kaki gw mati rasa. Sakiiit banget, pegel. Badan gw bau bermacam keringet, rambut gw yang baru keramas tadi pagi juga udah lengket dan bau karena ujan plus keringet. Yang ada di pikiran gw cuma pengan cepet ampe rumah terus mandi, keramas, tiduuur deh. Udah capek dan ngantuk banget.



Gag mau lagi deh gw naek Ekonomi jam segitu.

0 komentar: